Rabu, 24 Maret 2021

PROSEDUR PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN INTERNET

 Assalamualaikum warahmatullahi wabaroktuh.

Selamat pagi, siang, malam, teman2ku.

Bertemu lagi dengan saya Novan Cahya Saputra Mahasiswa Di Universitas Islami Negeri Raden Intan Lampung.

Bagaimana kabar WiFi tetangga??? Masih aman?😁😁

Kali ini saya akan menulis materi tentang apa saja sih prosedur pengembangan program pembelajaran komputer dan internet. Jika kalian penasaran dan ingin tahu lebih silahkan simak artikel ini yaa.. 

CEKIDOTT...

secara garis besar ada 6 langkah yang perlu kita ikuti untuk mendapatkan sebuah media pelajaran berbasis komputer atau yaang kita kenal multimedia pembelajaran ,media interaktif dan lain sebagainya.dalam prosedur pengembangan program pembelajaran komputer dan internet diantaranya adalah:

1. Identifikasi Progam

pada langkah pertama ini,kita melakukan identifikasi terhadap judul apa yang akan kita kembangkan ,judul yang berkaitan dengan materi yang akan kita fasilitasi dengan media pembelajaran berbasis komputer.pada saat identifikasi program ini kita juga menganalisis peserta didik yang akan menggunakan media pembelajaran .kita juga perlu mengidentifikasi kelas atau tingkat kelas peserta didiknya ,mata pelajaranya,dan spesifik materi apa yang akan kita kembangkan. setelah menentukan mata pelajaran, kita pilih tujuan pembelajaran yang akan dicapai untuk mencapai pembelajaran tersebut.


2. Membuat Flow Chart


berdasarkan identifikasi yang kita lakukan dilangkah pertama saat membuat flow chart kita akan menuangkan langkah dari program secara keseluruhan dalam satu lembar kertas kerja .flow chart ini dikembangkan bedasarkan model-model pembelajaran berbasis komputer .dan flowchart adalah jalan program dari awal sampai akhir proses KBM berlangsung.


3. Mengembangkan Storyboard 

storyboard mempersiapkan design kita frame per frame (lebih khusus) .dan bersifat lebih rinci dibanding flow chart .


4. Mengumpulkan Bahan

bahan yang kita kumpulkan yaitu grafis,animasi,vidio,audio,teks yang kita butuhkan untuk menyajikan materi yang seuai dengan tujuan pembelajaran.kita mengidentifikasi dari tujuan pembelajaran ,teks apa yang kita butuhkan,vidio-vidio untuk konten mana yang perlu didukung dgn suport vidio.bahan berupa audio,animasi dan sebagainya


5. Pemrograman

menggabungkan seluruh bahan yang sudah kita kumpulkan ,kemudian kita sajikan berdasarkan model yang sudah kita pilih..kita menentukan aplikasi mana yang akan kita pakai untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer.misalnya powerpoint dan sebagainya.

6. Finishing

mengujicoba program dan melakukan refisi. uji coba bisa kita lakukan kepada peserta didik ,bersama ahli,pengguna dan sebagainya .bagaimana penilian peserta didik tentang media yg kita kembangkan.kemudian kita melakukan refisi agar media yang kita kembangkan menjadi sempurna.


kesimpulan

prosedur pengembangan program pembelajaran komputer dan internet ada 6: 

diantaranya: identifikasi program,membuat flow chart ,membuat story board ,mengumpulkan bahan (animasi dll),langkah pemrogramn ,dan finishing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMANFAATAN INTERNET PEMBUATAN WEB DALAM PEMBELAJARAN

 Assalamualaikum Warahmatullahi wabaroktuh.. Bertemu lagi dengan saya Novan. Kali ini saya akan membahas tentang pemanfaatan internet pembua...